Tes TORCH

 

hasil tes Rubella (IgG dan IgM) waktu dulu hamil Alma. pernah aku post di Twitter tanggal 4 April tahun lalu (berarti kena campak Jermannya bulan Maret, which is akhir trimester pertama 😭).

kenapa kok waktu itu ambil tes ini segala? sebenernya ibu hamil, bahkan sebelum hamil, sangat dianjurkan buat tes TORCH, karena kalau sampai ibu hamil terinfeksi salah satu dari virus TORCH ini aja, bayinya bisa lahir dengan cacat bawaan, apalagi kalau terinfeksinya di trimester pertama (risiko terkena cacat bawaan 90%) dan trimester kedua (20%).

tapi, aku dulu ambil tes ini bukan tanpa sebab. waktu itu entah dari mana abi tau-tau kena campak. setelah sekitaran 3 hari, eh sembuh dong. langsung curiga kalo itu campak Jerman. rasanya lemesss takut setengah mati. why NOW of all times! 😢 akhirnya buru-buru ke obgyn dan langsung disuruh tes TORCH (tapi Rubella aja). udah pasrah sepasrah-pasrahnya sama hasilnya. nggak taunyaaa alhamdulillahhh yang nongol malah kemungkinan terbaik. :’>

cara bacanya: IgG positif, berarti badanku udah punya antibodi alias kebal terhadap virus Rubella (baru inget kalo dulu jaman masih kerja di Surabaya pernah kena campak tapi nggak sampe seminggu, berarti waktu itu aku kena campak Jerman dan waktu hamil badanku udah kebal. masya Allahhh 😢). IgM negatif, berarti aku sedang tidak terinfeksi virus Rubella (karena udah kebal tadi. coba kalo enggak, pasti udah ketularan secara tiap hari sama abi terus).

rasanya bersyukurrr banget. langsung sadar, dulu dikasih sakit campak sama Allah, seolah-olah itu cobaan, beberapa bulan kemudian nggak taunya malah jadi salah satu nikmat terbaik yang pernah dikasih Allah. kalo nggak dikasih sakit sebelum hamil, pasti udah ketularan abi, dan nggak bisa bayangin kalau sampe Alma kena CRS (Congenital Rubella Syndrome). sama sekali nggak bisa. aku bakal gila mungkin ya. hiks.