Etonne Calendula Skin Care (My Alternative to the Petroleum-based Lucas Paw Paw)

Sejak umur 16 bulan, Alma jadi alergi pospak/pampers. Kalo kelamaan dikit makenya, pasti langsung nongol ruam-ruam.

Masalahnya, kalo mau pergi keluar rumah agak lama kan nggak mungkin ya kalo nggak pake pampers. Iya sih Alma udah toilet training, tapi ya dia kan belum sampe yang 100% pasti ngasih tau kalo pas kebelet pipis. Pasti ada aja momen ketika dia keasikan main dan sebagainya sampe ‘lupa’ kalo lagi kebelet pipis, walhasil ngompol deh.

Yekali kan ngompol di tempat umum. 😷

Kalo pas ruamnya lagi kumat tuh sedihhh banget rasanya. Terutama waktu bobok malem entah kenapa gatelnya pasti menjadi-jadi. Tidur jadi nggak nyenyak, bahkan sampe kebangun sambil nangis. Drama banget. 😔

Awal kena ruam aku kasih Myco-Z (kata kakakku yang apoteker, biasanya DSA suruh pake ini). It worked, of course, tapi butuh waktu yang agak lama sampe bener-bener sembuh total. Belum lagi konsistensi krimnya yang heavy, opaque (apa sih istilahnya pokoknya yang krimnya super lengket gitu) jadi nggak cepet nyerap ke kulit. Mungkin ada gunanya ya dibikin kaya gitu, but still, I don’t like it at all. Kalo abis diolesin kadang Alma suka garukin lagi, wassalam deh krimnya jadi pindah ke jari-jarinya Alma. 😓

Nahhh, kemarin aku inget kalo dulu aku pernah ditawarin apoteker Kimia Farma krim Etonne ini. Waktu itu aku nggak terlalu tertarik jadi ya aku iyain aja biar cepet 😂 Iya ntar kalo butuh aku bakal balik lagi, gitu.

Eh ternyata beneran aku balik lagi dong! Lesson learned: don’t take anyone for granted, even if he/she is somebody you don’t know. 😂

Jadi ceritanya, si Etonne ini mengandung ekstrak Calendula yang manfaatnya buanyak banget. Now we know that this is a plant-based product yah. Abis aku baca-baca aku langsung keinget Lucas Paw Paw (dan teman-temannya) yang emang magical dan multifungsi banget: bisa mempercepat penyembuhan ruam/iritasi, luka biasa, luka bakar, bekas gigitan serangga, dsb.

Sayangnya, Lucas Paw Paw ini meskipun emang efektif, tapi dia petroleum-based (diproses dari minyak mentah). Iya, iya, emang udah ngelewatin proses pemurnian, but remember: no chemical or physical process can ever be 100% efficient. Ngeri kan kalo ternyata senyawa-senyawa hidrokarbon yang berbahaya itu ada yang lolos masuk ke produk yang kita pake, dan ini bisa banget terjadi. Makanya sekarang banyak orang yang beralih nyari alternatifnya si Paw Paw ini.

And I have finally found one. Happy-happy-happy! Apalagi si Etonne nih baunya enakkk dan krimnya light banget jadi gampang meresap ke pori-pori kulit. Kalo abis diolesin ke kulit nggak pake lama langsung nggak berasa kalo di situ abis ada krim yang diolesin ke situ. Rasanya tuh kering, tapi juga lembap. Nah lho bingung kan. Gitu deh pokoknya. 😂

Satu hal yang paling bikin jatuh cinta adalah karena ruamnya Alma hari itu juga langsung baikan! Yayyy. Gerenjel-gerenjel bintik-bintik merahnya udah nggak berasa padahal biasanya kalo pake Myco-Z butuh beberapa hari biar bisa kaya gitu. Call it magic!

Oiya satu lagi, Etonne ini juga udah mengandung tabir surya, lho. Yah meskipun ‘cuma’ SPF 15+ tapi lumayan banget kan. Kalo mau yang SPF-nya gedean ya pake body lotion yang bagus gih. Hahaha.

Untuk harga, emang agak sedikit pricey: 175 ribu untuk 100 ml. Tapi kalo inget-inget fungsinya yang banyak itu, nggak rugi sih kalo aku bilang. Apalagi makenya kan dikit-dikit dan kalo udah sembuh ya udah nggak dipake lagi, bisa disimpen buat jangka waktu yang lebih lama.

FYI, aku kemarin dapet diskon dong, jadi cukup bayar 158 ribu saja. *proud* 😂

Sekian dan terima kasih. 😂😂😂

 

7 comments
  1. Selamat sore Ummu Alma. By the way, aku mau tanya nih. Cara kerja cream nya dikulit gimana ya ? Bekas luka atau ruamnya bisa hilang gak ? Soalnya aku ditawarin juga tuh buat bekas jerawat. Bisa gak yah ?
    Terimakasih..

    1. Halo Mba Maya. Kalau cara kerja detailnya aku juga kurang begitu tahu sih. Tapi berdasarkan pengalamanku beberapa bulan ini pake, aku bener-bener ngerasain banget manfaatnya. Ruam-ruam jadi gampang banget hilang, termasuk bekasnya (tapi ini tergantung tingkat keparahannya juga kali ya).

      Bahkan aku juga pake ini buat ngobatin Herpes. Jujur waktu dikasih tau Apotekernya ini bisa buat ngobatin Herpes aku nggak gitu percaya. Tapi ternyata beneran lho. Lega banget, soalnya kalo pake Acyclovir kita nggak pernah cocok, Herpesnya malah makin parah.

  2. kalau buat stretch mark bisa ga ya? tadi katanya apoteker bisa buat stretch mark

  3. kalau uat stretch mark bisa ga ya? tadi di tawarin sama apotekernya katanya sih bisa

  4. Selamat malam ummu alma, saya kemaren pakai kosmetik, dan ternyata, alergi gatal, dan merah jadi kayal sembab gitu muka saya, bisakah pakai etonne untuk pengobatan nya?

    1. Maaf yaa, saya slow respons sekali. Saya tidak ada kapasitas buat jawab sih mba. But if I were you, I would definitely give it a try. 😉

  5. hai Ummu Alma , terima kasih atas reviewnya. Etonne Calendula Skin Care adalah produk dari PT. Suryaprana Nutrisindo, sama dengan Nutrimax, silakan follow IG @nutrimax_indonesia & @etonne_indonesia untuk informasi lebih lanjut ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *